PERAWATAN TUBUH MENJELANG PERNIKAHAN

Pernikahan yang Anda harapkan hanya sekali seumur hidup tentu bisa menjadi hari paling bersejarah dalam hidup Anda. Setiap perempuan pasti ingin menjadi seorang putri paling cantik di hari pernikahannya, seperti filosofi Jawa “Rupasampat Wahyubhiantara”, yang artinya kecantikan sejati adalah keselarasan kecantikan luar dan dalam.
Menjadi yang terbaik saat hari H resepsi maupun malam pertama memang menjadi perhatian tersendiri banyak pasangan, secara khusus seorang wanita. Perawatan pranikah yang menyangkut kesehatan tubuh, asupan makanan dan minuman harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh.
Perawatan tubuh menjelang pernikahan adalah salah satu cara untuk menjadi maksimal dalam menghadapi moment tersebut. Anda bisa mencoba berbagai paket perawatan pranikah di salon-salon kecantikan, atau melakukan perawatan sendiri di rumah, yang mungkin lebih menyenangkan karena privasi terjaga.
Nah, bila Anda berniat untuk melakukan perawatan pranikah sendiri, berikut perawatan yang layak dipertimbangkan :

Lulur
Inilah perawatan pertama yang wajib dilakukan. Cara penggunaan lulur yang benar adalah dirotasi di kulit sehingga lulurnya berjatuhan dengan sendirinya. Letakkan lulur sedikit demi sedikit pada kulit lalu rotasi searah jarum jam sampai lulurnya berjatuhan. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu bilas.
Usai luluran, Anda bisa melanjutkan dengan pijatan menggunakan minyak zaitun. Tekan titik-titik meridian (jeda antara tulang) atau tekan bagian tengah lengan Anda sembari memijat tangan. Lanjutkan dengan pijatan pada kaki, paha, pangkal paha, dan punggung (mungkin bisa dengan bantuan salah satu anggota keluarga).
Lakukan lulur atau scrub sejak 6 bulan sebelum hari H, dan lakukan secara rutin paling tidak sebulan sekali, agar hasilnya terlihat saat Anda mengenakan baju pengantin.

Perawatan payudara
Payudara adalah pesona wanita dan area intim yang menyenangkan bagi pasangan yang telah menikah. Menjaga dan memelihara payudara adalah penting untuk wanita, selain untuk menghindari berbagai penyakit seperti kanker payudara juga bisa membuat payudara terlihat segar dan mulus.

1. Pembersihan Payudara / Breast Cleansing
Pembersihan Payudara / Breast Cleansing ini dilakukan sebelum melakukan pemijatan dan pemaskeran pada payudara, yang merupakan inti dari kegiatan perawatan pada payudara. Pembersihan pada payudara dilakukan agar payu dara menjadi bersih dan segar. Kegiatan yang dilakukan yaitu:
 Berikan pembersih pada payudara,
Ratakan pembersih secara melingkar pada payudara sampai bagian dada.
Bersihkan dengan handuk kecil dengan arah melingkar dan bersihkan juga pada bagian puting payudara.
Dan terakhir, tepuk-tepuk secara perlahan dengan menggunakan penyegar yang dituangkan pada kapas, kemudian usapkan pada payudara Anda.
2. Pemijatan Payudara / Breast Massage
Pijatan payudara penting untuk melancarkan sirkulasi darah di sekitar payudara, sekaligus mengencangkan kulit payudara.
Seperti kita ketahui bentuk tekstur payudara untuk setiap wanita berbeda-beda, maka tekakan pijatan yang dilakukan pada payudara juga harus disesuaikan dengan tekstur payudaranya.
Wanita yang memiliki payudara bertekstur lunak sebaiknya dipijat secara lembut, sedangkan wanita yang memiliki payudara dengan tekstur lebih padat, bisa dipijat dengan tekanan sedang. Lalu berapa kali pemijatan ini sebaiknya dilakukan?
Pemijatan pada pada payudara sebaiknya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas atau bisa juga tanpa memakai minyak. Dan sebaiknya diperhatikan untuk tidak menggunakan minyak aroma terapi atau minyak yang dibuat dari bahan berbasis mineral.
Langkah pemijatan pada payudara:
Lakukan gerakan memijat yang bergerak dari arah puting ke luar. Tekanan jangan lebih keras dari pada tekanan yang bisa diterima sama kelopak mata. Tekanan yang keras bisa membuat pembuluh darah limfe tertekan dan menghentikan aliran racun serta cairan lainnya. Pijatan sebaiknya dilakukan secara perlahan agar mencapai hasil yang maksimal.
Berikanlah pijatan pada payudara dengan kedua tangan seperti gerakan meremas.
Gunakan kedua tangan secara hati-hati dan perlahan dengan gerakan searah jarum jam dan sebaliknya. Lakukan perlahan, jangan memberikan tekanan pada payudara terlalu keras.
lanjutkan dengan di-vibra (digetarkan dengan tangan) beberapa saat, dan angkat secara bergantian.
Catatan: pada kegiatan pemijatan ini, bila Anda merasakan ada suatu benjolan, sebaiknya tidak dilakukan pemijatan dan segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
3. Pemaskeran Payudara / Breast Masking
Sebelumnya, Anda perlu meracik terlebih dahulu bahan-bahan untuk melakukan pemaskeran payudara / breast masking. Bila sudah, oleskan masker pada payudara kecuali pada putting payudara. Dan biarkan sejenak, setelah masker kering, angkat masker memakai waslap dan lap sampai bersih.

Perawatan V-Spa Treatment
V-Spa Treatment atau ratus adalah proses pengasapan organ intim dari rempah untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan bau tak sedap, serta mengurangi lendir yang berlebih. Setelah melakukan ratus, selalu jaga kebersihan organ intim dengan tisu sirih wangi yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi.
Tahapan perawatan V-spa ini terdiri dari pertama-tama vagina dibersihkan, ditotok, di-massage, di-scrubatau dimasker lalu kemudian di-steam atau diasap. Penguapan atau pengasapan bermanfaat mencegah dan mengurangi keputihan, menghilangkan bau badan dan bau tak sedap dari organ intim.
Perawatannya dengan menggunakan antibiotik, tapi tetap menjaga keseimbangan pH di dalam vagina. Beda dengan ratus emvon, yang perawatannya hanya dengan di-steam atau diasap. Manfaatnya kurang lebih sama, agar vagina wangi dan mengurangi keputihan.


Sexercise
Anda juga bisa melakukan sexercise, yakni melakukan gerakan senam ringan yang fokus untuk organ intim. Berdirilah dengan dua lutut ditekuk, tarik nafas dan hembuskan beberapa kali, lalu gerakkan organ intim Anda hingga seolah-olah ikut bernafas bersama Anda. Lakukan beberapa kali, lalu berdiri dengan kembali dengan posisi normal. Latihan ini berfungsi untuk mengencangkan otot-otot kewanitaan dan otot-otot di sekitar panggul serta organ intim wanita.
‘Sexercise’ akan membantu untuk meredakan stress dan baik untuk kesehatan mental. Hormon endorphin yang dilepaskan ketika seseorang orgasme akan meningkatkan kekebalan tubuh dan akan membantu mengatasi penyakit serta keriput

Perawatan wajah dan rambut
Melakukan perawatan facial setidaknya 6 bulan sebelum hari H. Hal ini perlu untuk mengangkat kulit-kulit mati dan komedo dan membuat kulit wajah Anda regenerasi sehingga wajah Anda nampak segar.
Minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menciptakan wajah cerah dan lembab. Selain itu, minum air putih juga bisa membuat kulit jadi nampak segar dan awet muda, risiko sakit kepala berkurang, dan menghindari dehidrasi.
Gunakan pelembab bibir yang mengandung vitamin E beberapa hari sebelumnya untuk mencegah bibir pecah-pecah. Saat selesai menyikat gigi, gosok dengan lembut bibir Anda agar kulit yang pecah-pecah dapat dihilangkan.
Untuk mengurangi mata sembab dan lingkaran hitam di bawah mata, oleskan krim mata dingin secara rutin seminggu sebelum hari H.
Jika Anda ingin merapikan alis, lakukan setidaknya dua hari sebelum hari H untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan terburuk, seperti kemerahan, salah cabut, dan lainnya.
Lakukan perawatan khusus wajah dan rambut di salon kecantikan agar hasilnya lebih maksimal.

Minum jamu
Jamu-jamuan berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah dari dalam, untuk meningkatkan vitalitas dan kesegaran tubuh, dan tentunya menjaga kesehatan dan bentuk tubuh menjelang pernikahan. Jamu yang bisa dipilih dari Sariayu adalah kaplet susut perut dan selangsing singset, atau bisa juga dalam bentuk teh, yakni Tea for Slim Sariayu yang bisa didapat di supermarket terdekat.
Jika Anda penggemar ramuan herbal, ada baiknya Anda meminum rebusan daun sirih untuk mengurangi bau badan yang berasal dari dalam. Daun sirih mengandung zat yang dapat meminimalkan proses keluarnya keringat. Anda juga boleh makan daun kemangi minimal satu genggam sehari untuk menghilangkan bau badan akibat gangguan pencernaan, radang lambung, dan gas dalam usus.



DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER :) 


CAHAYA RIAS PENGANTIN
081321815690

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silakan memberikan komentar yang sopan dan jangan menaruh link hidup pada kolom komentarnya.